Advertisement

~from data to wisdom~

KEWIRAUSAHAAN PPG (BAGIAN 2)

Kewirausahaan. Mengapa Kewirausahaan Penting? Mengapa Kewirausahaan penting dipelajari oleh kita yang memilih profesi di bidang pendidikan? TOPIK 1 : Mindset is Everything , TOPIK 2 : Peluang Usaha    TOPIK 3 : Kreativitas dan Inovasi. Dapat disimak pada Kewirausahaan PPG (Bagian I).

Pada Kuliah Bagian Kedua ini, topik yang akan dipelajari :

  • Topik 4: Riset Pasar
  • Topik 5: Rencana dan Pengembangan Bisnis
  • Topik 6: Standadisasi Produk dan Legalitas Usaha
PENTING DIINGAT BAHWA " Materi pada kuliah Kewirausahaan PPG diimplementasikan pada peningkatan kualitas pembelajaran yang lebih inovatif. 

Pada Mata Kuliah Kewirausahaan Topik 4 adalah Topik untuk sesi kedua (dosen kedua). 
Topik Riset Pasar (Modul awal murni untuk Kewirausahaan). Dalam Pembelajaran sebaiknya diarahkan pada Pemanfaatan Riset dalam Pembelajaran. Maka Draf Modul ini tentang, Pembelajaran Berbasis Riset (PBR). Selama tiga kali pertemuan dengan Capaian Pembelajaran haisl Modifikasi:
  1. Mahasiswa mampu menganalisis peserta didik yang dapat meningkatkan motivasi belajar.
  2. Mahasiswa mampu melakukan pemetaan potensi dan kemampuan siswa/mahasiswa 
  3. Mahasiswa mampu memproyeksikan jenis intervensi yang tepat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih inovatif.

TOPIK 4 : Riset Pasar  

Berikut adalah Modul Lengkap Riset Pasar. 

Prinsip Riset Pasar dan Lembar Kerja dalam Modul ini, penerapannya diarahkan pada peningkatan kualitas pembelajaran yang inovatif.

Perhatikan Lembar Kerja, Simak Materi dengan baik

TOPIK 5 : Rencana dan Pengembangan Bisnis 

Mengapa kewirausahaan penting? Apa dan bagaimana agar dapat menyerap energi semangat berwirausaha? Tidak ada praktik tanpa teori (konsep), teori tidak bisa berkembang tanpa praktik yang direfleksikan. Demikian pula halnya dalam kewirausahaan. Ilmu adalah menyatunya praktik dan teori, sehingga apabila hanya memiliki salah satunya belum sempurna keilmuannya.

Manakah yang lebih UTAMA, TUJUAN ATAU PROSES?

Dalam rantai nilai perencanaan dan evaluasi diketahui salah satu kerangka analisis yaitu Logical Framework Analysis (FLA), yang diadopsi pada penentuan program yang berorientasi pada dampak. Namun dalam perencanaan juga sangat tergantung pada faktor (potensi, masalah, sumber daya, regulasi, dan lainnya) yang akan diproses  untuk mencapai tujuan. 

Apa dan bagaimana kaitan antara LFA dengan Rencana dan Pengembangan Bisnis, silakan disimak modul atau ringkasan topik pada slide berikut.

Perhatikan Lembar Kerja, Simak Materi dengan baik.

Perhatikan modul Topik 5. Rencana dan Pengembangan Bisnis. Lembar Kerja dalam Modul ini, penerapannya diarahkan pada peningkatan kualitas pembelajaran yang inovatif.

TOPIK 6 : Standardisasi Produk dan Legalitas Usaha 

See what Unseen