Advertisement

~from data to wisdom~

Distribusi Frekuensi #2

Distribusi Frekuensi Kumulatif adalah konsep statistik yang dikenal untuk menyajikan data dalam bentuk tabel atau grafik yang menunjukkan akumulasi frekuensi data dalam interval tertentu. Dalam distribusi frekuensi kumulatif,  jumlah atau persentase data yang kurang dari atau sama dengan batas tertentu dari interval kategori yang telah ditentukan sebelumnya. Ini membantu memahami sebaran data secara lebih luas daripada hanya melihat distribusi frekuensi biasa. Persentase, seperti median (persentil ke-50) dan kuartil (persentil ke-25 dan ke-75), yang merupakan titik penting dalam data, dapat dengan mudah diidentifikasi dengan melihat distribusi kumulatif. Dalam analisis statistik, distribusi frekuensi kumulatif sering digunakan untuk menunjukkan sejauh mana data berkonsentrasi pada nilai-nilai tertentu dan untuk menemukan outlier atau nilai-nilai ekstrim.

Distribusi frekuensi adalah representasi, baik dalam format grafik atau tabel, yang menampilkan jumlah pengamatan dalam interval tertentu. Frekuensi adalah seberapa sering suatu nilai muncul dalam suatu interval, sedangkan distribusi adalah pola frekuensi variabel (investopedia)

Ukuran interval tergantung pada data yang dianalisis dan tujuan analis. Interval harus saling eksklusif dan lengkap. Distribusi frekuensi biasanya digunakan dalam konteks statistik. Umumnya, distribusi frekuensi dapat dikaitkan dengan pemetaan distribusi normal.

Distribusi Frekeunsi merupakan salah satu topik dalam statistik deskriptif yang banyak diterapkan pada berbagai bidang yang membutuhkan informasi sederhana dan singkat.

Back To Forum : Channel Diskusi Kelas